Senin, 02 Desember 2013

Data Mining Cluster



Cluster Concept
¨Analisis cluster merupakan salah satu teknik data mining yang bertujuan untuk mengidentifikasi sekelompok obyek yang mempunyai kemiripan karakteristik tertentu yang dapat dipisahkan dengan kelompok obyek lainnya

¨Jumlah kelompok yang dapat diidentifikasi tergantung pada banyak dan variasi data obyek

Tujuan Analisis Cluster
¨ Analisis cluster dapat diterapkan pada bidang apa saja. Namun pemakaian teknik ini lebih familiar
    pada bidang pemasaran karena memang salah satu kegiatan  yang dilakukan  dalam  pemasaran 
    adalah  pengelompokan,  yang disebut  segmentasi  pasar
¨Membuat segmen pasar (segmenting the market)
    Pelanggan atau pembeli sering diklasterkan berdasarkan manfaat atau keuntungan yang diperoleh 
    dari pembelian  barang
¨Memahami perilaku pembeli
  Analisis cluster digunakan untuk  mengenali/mengidentifikasi kelompok  pembeli yang
  homogen/relatif homogen. Kemudian perilaku dalam untuk setiap kelompok perlu dikaji secara
  terpisah
¨Mengenali peluang produk baru
  Dengan mengklasterkan merk dan produk, competitive set di dalam pasar bisa ditentukan. Merek
  di dalam klaster yang sama bersaing sengit satu sama lain, daripada merek dari klaster lain
¨Mereduksi data
  Analisis cluster digunakan sebagai suatu alat mereduksi data secara umum, untuk mengembangkan
  klaster atau sub-group dari data yang mudah dikelola dari kumpulan data asli, secara individual

0 komentar: