Cluster Concept
¨Analisis cluster merupakan salah satu teknik data
mining yang bertujuan untuk mengidentifikasi sekelompok obyek yang mempunyai kemiripan karakteristik tertentu yang dapat dipisahkan dengan kelompok obyek lainnya
¨Jumlah kelompok yang dapat diidentifikasi tergantung pada banyak dan variasi data obyek
Tujuan Analisis Cluster
¨ Analisis cluster dapat diterapkan pada bidang apa saja. Namun pemakaian teknik ini lebih familiar
pada bidang pemasaran karena memang salah satu kegiatan yang dilakukan dalam pemasaran
adalah pengelompokan, yang disebut segmentasi pasar
¨Membuat segmen pasar (segmenting the
market)
Pelanggan atau pembeli sering diklasterkan berdasarkan manfaat atau keuntungan yang diperoleh
dari pembelian barang
¨Memahami perilaku pembeli
Analisis cluster digunakan untuk mengenali/mengidentifikasi kelompok pembeli yang
homogen/relatif homogen. Kemudian perilaku dalam untuk setiap kelompok perlu dikaji secara
terpisah
¨Mengenali peluang produk baru
Dengan mengklasterkan merk dan produk,
competitive set di dalam pasar bisa ditentukan. Merek
di dalam klaster yang sama bersaing sengit satu sama lain, daripada merek dari klaster lain
¨Mereduksi data
Analisis cluster digunakan sebagai suatu alat mereduksi data secara umum, untuk mengembangkan
klaster atau
sub-group dari data
yang mudah dikelola dari kumpulan data asli, secara
individual
0 komentar:
Posting Komentar