•Dalam dunia bisnis biasa disebut Market Basket Analysis
•Contoh :
• Meneliti jumlah pelanggan dari perusahaan telekomunikasi seluer yang diharapkan
untuk memberikan respon positif terhadap penawaran upgrade layanan.
• Menemukan barang dalam supermarket yang dibeli secara bersamaan .
Penting Tidaknya suatu aturan asosiasi dapat diketahui dengan dua parameter :
• Support ( Nilai Penunjang ), adalah persentase kombinasi item tersebut
dalam database
Support(A,B) = Jumlah Transaksi mengandung A dan B
Total Transaksi
• Confidence ( Nilai Kepastian ), adalah kuatnya hubungan antar item dalam
aturan asosiasi
Confidence=P(A|B) = Jumlah Transaksi mengandung A dan B
Total Transaksi mengandung A
•Itemset adalah himpunan dari item-item yang terbeli pada suatu transaksi
•Frequent item set, item set yang sering muncul dalam satu transaksi
Proses Mining Pada Algoritma Apriori :
•Pembentukan Kandidat Itemset
•Join ( Penggabungan ) Dengan item lain
0 komentar:
Posting Komentar