Senin, 18 November 2013

DATA MINING - Association Rule | Apriori



Association Rule – Aturan Asosiasi, menemukan atribut yang muncul dalam satu waktu
Dalam dunia bisnis biasa disebut Market Basket Analysis

Contoh :
• Meneliti jumlah pelanggan dari perusahaan telekomunikasi seluer yang diharapkan
  untuk memberikan respon positif terhadap penawaran upgrade layanan.
• Menemukan barang dalam supermarket yang dibeli secara bersamaan .

Penting Tidaknya suatu aturan asosiasi dapat diketahui dengan dua parameter :
• Support ( Nilai Penunjang ), adalah persentase kombinasi item tersebut
  dalam database

  Support(A,B) = Jumlah Transaksi mengandung A dan B
                                       Total Transaksi
• Confidence ( Nilai Kepastian ), adalah kuatnya hubungan antar item dalam
  aturan asosiasi

Confidence=P(A|B) = Jumlah Transaksi mengandung A dan B
                                       Total Transaksi mengandung A

Itemset adalah himpunan dari item-item yang terbeli pada suatu transaksi
Frequent item set, item set yang sering muncul dalam satu transaksi

Proses Mining Pada Algoritma Apriori :
  •Pembentukan Kandidat Itemset
  •Join ( Penggabungan ) Dengan item lain
  •Prune  (pemangkasan) – menggunakan minimum support





0 komentar: